Tautan-tautan Akses

Korea Utara Setuju Kembali ke Meja Perundingan Nuklir Enam Pihak


Para perunding mengatakan Korea Utara telah sepakat untuk kembali ke perundingan enam pihak untuk mengakhiri program nuklir negara itu. Perundingan diperkirakan akan dimulai lagi bulan depan.

Utusan Amerika ke perundingan itu, Christopher Hill, mengatakan kepada para wartawan keputusan itu diambil setelah pertemuan informal tujuh jam hari ini di Beijing, yang melibatkan Korea Utara, Cina dan Amerika Serikat. Pertemuan itu diatur oleh Cina.

Di Gedung Putih hari ini, Presiden Bush menyatakan kegembiraan atas berita itu tetapi mengatakan masih banyak yang harus dilakukan. Korea Selatan juga menyambut baik langkah itu, dengan mengatakan mungkin hal itu menunjukkan adanya terobosan ke arah penyelesaian masalah nuklir di Semenanjung Korea.

Sementara itu, Mentri LN Jepang Taro Aso mengatakan Korea Utara tidak akan diizinkan kembali ke perundingan jika negara itu masih memiliki senjata nuklir. Dalam jumpa pers yang disiarkan hari ini di televisi NHK Jepang, Aso mengatakan ke lima negara lainnya dalam perundingan itu telah sepakat ini akan menjadi syarat utama untuk dapat diteruskannya perundingan.

XS
SM
MD
LG