Tautan-tautan Akses

Pemilihan Presiden Tambahan di Congo Diharapkan Redakan Konflik Politik


Pemilihan Presiden tambahan yang akan diadakan hari Minggu ini adalah tahap terakhir pemilihan yang diharapkan akan menstabilkan Congo setelah konflik yang berlangsung bertahun-tahun.

Masyarakat internasional telah memberikan bantuan setengah milyar dollar untuk membantu pemilihan umum itu dan memperkuat keamanan di negara yang masih resah itu. Pemilihan Presiden dan anggota parlemen ronde pertama berlangsung aman, tapi ketika hasil pemilihan Presiden diumumkan bulan Agustus, tentara yang mendukung Presiden Josef Kabila dan tentara pendukung saingannya, Jean Pierre Bemba, saling baku hantam selama tiga hari penuh di ibukota Kinshasa.

Kata kantor perwakilan PBB di kota itu, 40 orang tewas. Kabila dan bemba akan berhadapan lagi dalam pemilihan tambahan yang diadakan hari minggu ini, dan ini menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya lagi aksi-aksi kekerasan. Kongo baru saja bangkit dari perang lima tahun yang melibatkan enam negara lain, dan menewaskan kira-kira empat juta manusia, kebanyakan karena kelaparan dan penyakit.

XS
SM
MD
LG