Tautan-tautan Akses

AS dan Irak Sepakat Percepat Latihan Bagi Pasukan Keamanan Irak


Amerika dan Irak sepakat untuk mempercepat latihan bagi pasukan keamanan Irak supaya penyerahan tanggung jawab keamanan bisa dilakukan lebih dini. Ini disepakati dalam percakapan lewat video conference antara Presiden Bush dan perdana menteri Irak Nuri al Maliki hari Sabtu.

Kata jurubicara Gedung Putih, kedua pemimpin menegaskan kembali hubungan kemitraan yang kuat, dan akan bekerja sama untuk membangun Irak yang stabil dan demokratis, dan untuk mencapai kemenangan dalam perang melawan terror. Kata jurubicara Gedung Putih Tony Snow tidak ada ketegangan antara Presiden Bush dan PM Maliki, yang sebelumnya telah menjelaskan kepada Amerika bahwa dia adalah sahabat Amerika tapi bukan pesuruh Amerika.

Kata para pembantu PM Maliki, ini dijelaskan oleh pemimpin Irak itu kepada dutabesar Amerika untuk Irak Zalmay Khalilzad. Kata Maliki, Amerika tidak punya hak untuk menentukan jadwal seperti itu bagi pemerintahannya.

Sementara itu, tentara Amerika dilaporkan telah menangkap seorang pejabat senior al-qaida yang bertanggung-jawab atas kehadiran pejuang asing di Irak. Satu orang tentara Amerika tewas dalam pertempuran di propinsi al-anbar, sehingga jumlah korban tewas di pihak Amerika bulan ini saja telah mencapai 98 orang. Ini adalah jumlah paling besar dalam waktu kurang dari satu bulan, sejak serbuan Amerika bulan Maret tahun 2003.

XS
SM
MD
LG