Tautan-tautan Akses

Korea Utara Berjanji Tak Lakukan Lagi Uji Coba Nuklir Kecuali Diprovokasi


Cina mengatakan pemimpin Korea Utara Kim Jong Il telah memberitahu para pejabat Beijing ia tidak bermaksud melakukan uji-coba nuklir lagi, kecuali jika tekanan internasional memprovokasi Pyongyang untuk mengubah haluannya.

Jurubicara kementerian luar negeri Cina, Liu Jianchao, hari Selasa juga mengatakan pemberitaan baru-baru ini bahwa Presiden Kim meminta maaf kepada seorang utusan Cina yang berkunjung ke sana pekan lalu atas kehebohan internasional yang disebabkan oleh uji coba nuklir sebelumnya, tidak benar.

Pyongyang menguji-coba senjata nuklir pada tanggal 9 Oktober, dan para pemimpin dunia berupaya sekuat tenaga untuk membujuk Korea Utara kembali ke pembicaraan perlucutan senjata enam-pihak,. Tetangga-tetangga Korea Utara dalam keadaan siap-siaga sejak uji-coba itu.

Sebelumnya hari Selasa, Menteri Luar Negeri Jepang Taro Aso menolak tunutuan Korea Utara sejak lama agar sanksi Amerika terhadap Pyongyang harus dihentikan jika negara komunis itu diinginkan kembali ke pembicaraan enam-pihak.

XS
SM
MD
LG