Tautan-tautan Akses

Kalangan Partai Demokrat Menilai Kebijakan Bush di Irak Gagal


Kalangan Partai Demokrat Amerika terus menghantam Presiden Bush karena apa yang mereka katakan kebijakan Irak yang gagal sementara jajak pendapat menunjukkan isu itu mungkin harus dibayar dengan kontrol Partai Republik di Kongres dalam pemilu sela bulan November nanti. Berbicara dalam pidato radio Partai Demokrat hari Sabtu, kandidat anggota Kongres Diane Farell mengatakan menteri pertahanan Donald Rumsfeld harus dipecat karena menggunakan strategi yang salah dan karena kegagalan tentara Amerika dalam perang di Irak. Ia mengatakan strategi Irak yang baru diperlukan dan menyarankan cara terbaik untuk mencapai itu adalah agar para pemilih memilih Partai Demokrat bulan depan.

Bahkan beberapa anggota partai Bush – Partai Republik – menyerukan agar dilakukan evaluasi ulang atas strategi di Irak. Senator Republik Olympia Snowe mengatakan kepada surat kabar Washington Post, ia yakin akan ada perubahan pada strategi Amerika di Irak setelah pemilu tanggal 7 November. Ia mengatakan ia tidak percaya Amerika bisa meneruskan kehadirannya di Irak tanpa batas waktu dan tanpa syarat.

Sementara, Presiden Bush telah meninjau kembali strateginya bagi Irak bersama para perwira tertinggi militer dan para penasehat keamanan nasional, tetapi tidak mengindikasikan kecenderungan bahwa dia akan membuat perubahan besar apapun. Dalam pidato radio hari Sabtu Bush mengatakan, tujuannya untuk mencapai kemenangan di Irak jelas dan tidak berubah. Katanya, para panglima Amerika akan membuat perubahan yang perlu dalam taktik mereka untuk menang.

Harian New York Times mengutip sejumlah pejabat Amerika mengatakan, pemerintahan Bush sedang menyusun rancangan jadwal bagi pemerintah Irak untuk melucuti milisi-milisi sektarian dan mewujudkan sasaran lain di bidang politik dan ekonomi. Sebuah pernyataan Gedung Putih menyebut artikel yang dimuat suratkabar hari ini sebagai tidak akurat, tetapi tidak menjelaskan ketidak-akuratan itu. Sementara itu, saluran berita Arab Al-Jazeera mengutip seorang pejabat senior Amerika sebagai mengatakan Amerika Serikat memperlihatkan “arogansi” dan “kebodohan” di Irak. Ditanya mengenai hal itu, seorang jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan kutipan yang dimuat al Jazeera di situs web-nya itu bukanlah pencerminan akurat dari apa yang dikatakan pejabat tersebut.

XS
SM
MD
LG