Tautan-tautan Akses

Rice Tiba di Korsel Guna Meningkatkan Dukungan Sanksi PBB terhadap Korut


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice telah tiba di Korea Selatan hari ini, persinggahan kedua dalam perlawatannya ke empat negara untuk meningkatkan dukungan pada pelaksanaan sanksi PBB terhadap Korea Utara.

Rice diperkirakan akan mendorong para pejabat Korea Selatan untuk memegang peran yang lebih luas dalam penegakan sanksi yang dikenakan setelah percobaan nuklir bawah tanah Korea Utara pekan lalu.

Amerika Serikat mendesak Korea Selatan agar turut meng-inspeksi kapal-kapal yang memuat barang ke Korea Utara. Para pejabat pemerintah di Seoul prihatin bahwa inspeksi demikian dapat mengakibatkan bentrokan dengan Korea Utara.

Rice tiba di Korea Selatan dari pembicaraan dua hari di Jepang dengan Menteri Luar Negeri Taro Aso dan Perdana Menteri Shinzo Abe. Kedua negara berjanji untuk bekerjasama untuk melaksanakan sanksi.

Rice menyatakan lagi bahwa Washington tidak mempertimbangkan blockade maritime Korea Utara, tetapi dia mengatakan setiap percobaan nuklir lagi akan mendatangkan kemungkinan sanksi tambahan.

Seorang anggota parlemen Korea Selatan mengatakan dunia hendaknya bersiap-siap menghadapi lagi kegiatan nuklir Korea Utara, dan tiga hingga 4 ledakan nuklir tambahan.

XS
SM
MD
LG