Tautan-tautan Akses

Rice Mendesak Korea Utara Agar Tida Melakukan Percobaan Nuklir yang Kedua


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mendesak Korea Utara agar jangan melakukan percobaan nuklir yang kedua. Menlu Amerika itu mengatakan demikian sementara ia memulai perlawatan di Asia hari ini untuk membicarakan keadaan itu dengan sekutu Amerika.

Rice mengatakan kepada wartawan dalam penerbangan ke Jepang bahwa percobaan yang kedua hanya akan memperdalam pengucilan Korea Utara. Dia menyatakan lagi bahwa Washington tidak menghendaki krisis itu meruncing dan menyatakan lagi bahwa Amerika tidak berencana menyerbu Korea Utara. Rice mengatakan bagian dari misinya dalam perlawatan ini adalah untuk menenangkan Korea Selatan dan Jepang bahwa mereka tidak perlu mengembangkan senjata nuklir mereka sendiri.

Kunjungannya dilakukan sementara para pejabat Amerika mengatakan satelit mata-mata Amerika telah mendeteksi gerakan kendaraan di Korea Utara yang mungkin menandakan persiapan percobaan nuklir lagi.

Jurubicara Gedung Putih Tony Snow mengatakan hari Selasa bahwa wajar memperkirakan Korea Utara akan melakukan lagi percobaan, tetapi mengatakan perkembangan demikian tidak baik bagi mereka.

XS
SM
MD
LG