Tautan-tautan Akses

AS Mengukuhkan Korea Utara Melakukan Percobaan Nuklir Bawah Tanah


Para pejabat intelijens Amerika telah mengukuhkan bahwa Korea Utara memang telah melakukan percobaan nuklir bawah tanah pekan lalu.

Pernyataan dari Direktur Intelijens Nasional Amerika mengatakan bahan radio-aktif yang dideteksi dalam sampel udara menunjukkan telah terjadinya ledakan nuklir kurang dari satu kiloton, ledakan nuklir yang relative kecil.

Sementara itu, jaringan televise nasional Amerika melaporkan bahwa satelit mata-mata Amerika mendeteksi gerakan kendaraan di Korea Utara yang mungkin menandakan negara itu sedang bersiap-siap melakukan lagi percobaan nuklir.

Menteri Luar Negeri Jepang mengatakan hari ini ia menyadari adanya laporan tersebut, tetapi mengatakan ia tidak dapat membicarakan rinciannya.

Perkembangan ini terjadi sementara Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice bersiap-siap berangkat hari ini ke negara-negara tetangga Korea Utara untuk membicarakan pelaksanaan sanksi terhadap Pyongyang dan meyakinkan negara yang menyendiri itu agar kembali ke pembicaraan perlucutan senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG