Tautan-tautan Akses

Indonesia, Afsel, Italia dan Belgia Masuk Sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB


Baik Guatemala maupun Venezuela tidak meraih suara dukungan yang cukup untuk memperoleh kursi tidak tetap anggota dewan keamanan PBB, sehingga membuka peluang bagi negara Amerika Latinnya untuk masuk.

Namun dari empat kawasan lainnya, Afrika Selatan, Indonesia, Italia dan Belgia berhasil masuk sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB. Dalam pertarungan untuk wakil Amerika Latin, Guatemala menerima 110 suara dalam putaran keempat, sedikit menurun setelah Venezuela meraih angka 75 suara.

Dua pertiga anggota majelis umum PBB atau 128 negara harus menyetujui sebuah negara calon agar berhasil. Kedua negara ini bertarung untuk merebut kursi yang ditinggalkan Argentina. Sejumlah pejabat PBB menyebut pertarungan ini sebagai pertarungan paling sengit untuk kursi anggota tidak tetap dewan keamanan PBB sejak Perang Dingin.

Presiden Venezuela Hugo Chavez, pengecam keras pemerintahan Bush, melakukan perjalanan ke sejumlah negara untuk menggalang dukungan bagi negaranya. Amerika memberikan dukungannya kepada Guatemala.

XS
SM
MD
LG