Tautan-tautan Akses

AS Minta Pemerintah Cina Laksanakan Sanksi Terhadap Korut


Amerika meminta Cina untuk melaksanakan sepenuhnya sanksi PBB terhadap Korea Utara menyusul klaim negara itu bahwa pihaknya telah melakukan percobaan nuklir pekan lalu. Duta besar Amerika untuk PBB John Bolton mengatakan dalam wawancara televisi hari Minggu bahwa Cina berkewajiban melaksanakan resolusi PBB itu.

Menteri luar negeri Condoleezza Rice mengatakan juga dalam wawancara televisi bahwa ia percaya Cina akan memenuhi tanggungjawabnya. Meskipun resolusi tentang sanksi itu disetujui dengan suara bulat hari Sabtu namun ada perbedaan tentang bagaimana melaksanakannya.

Duta besar Cina untuk PBB mengatakan negaranya menentang pasal yang mengharuskan anggota PBB menggeledah kapal yang masuk atau keluar dari Korea Utara. Ia mengingatkan negara-negara lain jangan melakukan yang disebutnya langkah-langkah provokatif. Condoleezza Rice mengatakan ia akan berusaha mengatasi perbedaan tadi dalam lawatannya di Asia pekan ini nanti.

Sanksi itu melarang Korea Utara mengimpor atau mengekspor sejumlah perlengkapan militer, dan meminta anggota PBB menggeledah kapal yang masuk dan keluar dari Korea Utara. Dan untuk memberi dampak pada kehidupan elite pemimpin negara itu Kim Jong-Il sanksi juga melarang penjualan barang mewah ke negeri itu.

XS
SM
MD
LG