Tautan-tautan Akses

Pakistan Terapkan Program Pendaftaran Bagi Jutaan Pengungsi Afganistan


Pakistan hari ini memulai program pendaftaran jutaan pengungsi Afganistan untuk pertama kalinya dan memberi mereka kartu pengenal. Program sepuluh-minggu itu, yang didukung badan urusan Pengungsi PBB, akan diselenggarakan melalui 90 pusat pendaftaran di negara itu.

Lebih dari dua setengah juta warga Afganistan diduga berada di Pakistan. Banyak diantara mereka tiba untuk menghindari invasi Sovyet ke Afganistan tahun 1979. Yang lain melarikan diri dari pemerintahan Taliban yang menindas. Tetapi sejumlah orang Afganistan berada di Pakistan untuk mencari kerja di tengah kemiskinan di tanahair mereka. Lebih dari dua juta warga Afganistan telah pulang dari Pakistan sejak tahun 2002.

Sementara itu di Afganistan Barat, kepolisian Afganistan mengatakan sebuah bom pinggir jalan meledak dekat sebuah konvoi militer hari ini, menewaskan dua warga sipil. Pihak berwenang mengatakan, ledakan itu terjadi ketika kedua pria itu melewati sebuah konvoi militer di provinsi Herat. Tidak ada laporan yang cedera dalam konvoi itu.

Kemarin, kantor berita Afganistan Pajhwok melaporkan, seorang wartawan foto Italia telah diculik oleh Taliban di Afganistan selatan. Kantor berita itu meng-identifikasi wartawan tersebut sebagai Gabriele Torsello, dan mengatakan panggilan ke telepon genggamnya hari Sabtu dijawab oleh seseorang yang mengatakan, Taliban telah menculik orang asing itu atas tuduhan melakukan tindakan mata-mata. Juga hari Sabtu, di Provinsi Kandahar yang bertetangga, dua tentara NATO dari Kanada tewas dan tiga lainnya luka-luka ketika para militan menyergap satuan militer mereka.

XS
SM
MD
LG