Tautan-tautan Akses

Jubir Deplu Iran: Teheran Tidak Takut Pada Sanksi Internasional


Menteri Luar Negeri Jerman Frank Walter Steinmeier mengatakan masih ada waktu bagi Iran untuk menyetujui pembicaraan mengenai program nuklirnya dan menghindari sanksi internasional. Steinmeier mengatakan kepada Radio Eropa, Inforadio, bahwa para pemimpin Uni Eropa akan berundung hari Selasa membahas dukungan sanksi oleh Dewan keamanan PBB.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Mohammad Ali Hosseini mengatakan, Iran tidak takut pada sanksi. Media pemerintah itu mengutip dia yang mengatakan, bahwa ancaman itu menurutnya, merupakan perang psikologis. Negara-negara Barat menekan Iran agar menghentikan program pengayaan uraniumnya sebelum babak baru perundingan mengenai program nuklirnya berlangsung. Iran menolak penghentian program nuklir itu sebagai syarat untuk pembicaraan.

Para pejabat Amerika mengatakan lima anggota tetap Dewan keamanan PBB, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Prancis, dan Cina ditambah Jerman telah mencapai persetujuan luas mengenai sanksi terhadap Iran. Negara-negara Barat menuduh Iran berusaha membuat senjata nuklir, tuduhan yang dibantah oleh Iran.

XS
SM
MD
LG