Tautan-tautan Akses

Negara-Negara Asia Sambut Baik Keputusan MU PBB Sahkan Ban Ki Moon Sebagai SekJen


Negara-negara Asia menyambut baik keputusan Majlis Umum PBB untuk menyetujui Menlu Korea Selatan menjajdi SekJen mendatang badan dunia itu. Kantor kepresidenan Korea Selatan Sabtu ini mengatakan, disetujuinya Ban Jumat kemarin itu merupakan sumber kebanggaan nasional, dan berharap diplomat berpengalaman itu akan membantu memecahkan masalah persengketaan nuklir Korea Utara. Ia akan memulai masa jabatan 5 tahunnya sebagai pemimpin ke-8 PBB 1 Januari nanti.

Jepang menyambut baik langkah itu, sedangkan Cina menyatakan hal itu merupakan aspirasis bersama Negara-negara Asia bahwa diplomat Asia menjadi SekJen PBB. Dalam jumpa pers kemarin, Ban mengatakan ia berharap Dewan Keamanan PBB dengan segera menyepakati resolusi yang jelas dan tegas mengenai percobaan nuklir yang menurut Korea Utara telah dilakukannya.

Ban diperkirakan akan memainkan peran penting dalam usaha untuk menyelesaikan sengketa internasional, termasuk sengketa nuklir Korea Utara. Ban yang berusia 62 tahun itu akan menjadi warga Korea Selatan pertama memangku jabatan idaman itu, dan warga Asia kedua sesudah U Than, dari Birma.

XS
SM
MD
LG