Tautan-tautan Akses

Amerika Temukan Bukti Radioaktif Yang Konsisten Dengan Ujicoba Nuklir Korut


Para pejabat A.S. menyatakan telah menemukan bukti adanya radioaktif dari Korea Utara yang konsisten dengan uji-coba ledakan nuklirnya , sesudah negara itu menyatakan telah melakukan uji-coba nuklir, Senin baru lalu. Berbicara, dengan syarat namanya tidak disebut, para pejabat A.S. mengatakan, analisa pendahuluan menunjukkan adanya radioaktif dalam contoh udara yang dikumpulkan dekat tempat yang diduga menjadi tempat uji-coba nuklir itu.

Sebelumnya, hari Jumat pagi, para pejabat A.S. menyatakan, mereka tidak menemukan bukti untuk menunjukkan bahwa Korea Utara telah melakukan uji-coba nuklir. Badan pemonitor nuklir yang berpusat di Wina mengatakan, masih harus menemukan adanya radio-akitf dalam sampel udara yang diambil sesudah uji-coba nuklir Korea Utara, namun dikatakannya bahwa hal itu tidak menghilangkan kemungkinan bahwa uji-coba nuklir telah dilakukan.

Sementara itu, kata para diplomat, keberatan Rusia dan Cina pada saat-saat terakhir atas rencana resolusi kompromi Dewan Keamanan terhadap Korea Utara menimbulkan kekhawatiran bahwa pemungutan suara yang direncanakan akan diadakan Saptu ini mungkin ditunda.

XS
SM
MD
LG