Tautan-tautan Akses

Majelis Umum PBB Mengesahkan Ban Ki Moon Sebagai Sekjen


Majelis Umum PBB dengan resmi telah mengesahkan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Ban Ki Moon untuk menjabat sebagai sekretaris jenderal badan dunia itu. Dia akan memulai masa tugas lima-tahun sebagai sekretaris jenderal PBB yang ke-delapan tanggal 1 Januari.

Berpidato di majelis itu di New York hari ini, Ban mengatakan dia akan terus memajukan apa yang telah dicapai pendahulunya, Kofi Annan, termasuk me-reformasi organisasi itu dan melaksanakan janji-janji pada rakyat dunia. Dia mengatakan, PBB harus lebih rendah hati dalam melakukan pekerjaannya, tetapi tidak dalam kinerja. Ban yang berusia 62 tahun akan menjadi orang Korea Selatan pertama yang memangku jabatan yang sangat didambakan itu.

Dia akan menjadi orang Asia kedua setelah U Thant dari Birma yang menjabat dari tahun 1961 sampai 1971. Dalam pidatonya Ban mengatakan dia merasa diberi kehormatan yang tinggi untuk menjadi orang Asia kedua yang memangku jabatan itu. Katanya kawasan itu ber-aspirasi untuk menerima tanggungjawab lebih besar bagi dunia.

XS
SM
MD
LG