Tautan-tautan Akses

Pengadilan Banding di Chile Mencabut Imunitas Augusto Pinochet


Pengadilan Banding di Santiago,Chile, telah mencabut kekebalan mantan diktator Augusto Pinochet dalam kasus hilangnya ahli kimia Eugenio Barrios. Lewat pemungutan suara yang berakhir hampir dengan persetujuan bulat hari Kamis pengadilan itu meratakan jalan bagi bekas penguasa itu dihadapkan pada tuduhan dalam kasus itu.

Barrioss bekerja sebagai agen polisi rahasia semasa 17 tahun pemerintahan diktator jenderal purnawirawan Pinochet. Tim penyelidik menjelaskan pejabat-pejabat intelijen Chile membawa Barrios ke Uruguay awal tahun 1990-an untuk mencegahnya memberi kesaksian tentang ledakan bom mobil di Washington tahun 1976 yang menewaskan mantan menteri luar negeri Chile dan pengeritik Jenderal Pinochet, Orlando Letelier.

Pembunuhan Letelier terkait dengan Polisi Rahasia Chile atau DINA dan para pemimpinnya dijatuhi hukuman penjara yang lama. Barrioss ditaruh di bawah pengawasan pejabat-pejabat Uruguay dan kemudian hilang. Mayatnya kemudian ditemukan tahun 1995 di pantai Uruguay dengan luka tembak di bagian kepala.

XS
SM
MD
LG