Tautan-tautan Akses

Negara-Negara ASEAN Akan Bahas Kabut Asap Indonesia


Para menteri pemerintahan Asia Tenggara mengatakan mereka bermaksud bertemu untuk membahas masalah kabut asap di kawasan itu yang disebabkan oleh pembakaran hutan di Indonesia. Menteri Sumber Alam dan Lingkungan Hidup Malaysia Azmi Khalid mengatakan kounterpartnya dari Singapura mengontak dia untuk mengusulkan pertemuan ASEAN. Belum ditetapkan bila pertemuan itu akan diadakan.

Pejabat-pejabat Malaysia mengatakan kabut asap tahunan itu menimbulkan masalah besar di negara mereka. Partai oposisi terbesar di Malaysia, Parti Tindakan Demokratis, (DAP) berdemonstrasi hari Selasa di luar kedutaan Indonesia di Kuala Lumpur. Partai itu mengatakan kabut asap ini merupakan ancaman bagi ekonomi dan kesehatan jutaan warga Malaysia. Mereka mendesak ASEAN supaya mengambil tindakan atas masalah itu.

ASEAN menyetujui perjanjian anti-kabut-asap regional tahun 2002 tetapi Indonesia masih belum meratifikasinya. Kabut asap itu disebabkan oleh pembakaran hutan untuk lahan pertanian dan tempat tinggal – banyak diantaranya tanpa izin – di Sumatra dan beberapa daerah Kalimantan.

XS
SM
MD
LG