Tautan-tautan Akses

Tentara Sudan dan Pemberontak Darfur Saling Menyalahkan


Tentara Sudan dan pemberontak Darfur saling menyalahkan dalam pertempuran minggu lalu di dekat perbatasan Chad. Tentara Sudan mengatakan pihaknya mencoba untuk menghalau serangan pemberontak Sabtu lalu di kawasan Kari Yari. Kolonel Mohammad Osman membantah laporan bahwa pemberontak menangkap sejumlah tentara.

Sementara itu, jurubicara pemberontak Tentara Pembebasan Sudan mengatakan unitnya menyerang perkampungan tentara setelah menerima laporan bahwa pasukan itu akan menyerang basis pemberontak. Selain itu, komisaris tinggi PBB urusan pengungsi Louise Arbor mendesak Sudan untuk menyelidiki laporan bahwa milisi Arab yang didukung pemerintah menewaskan ratusan warga sipil di Darfur selatan bulan Agustus lalu dengan sepengetahuan pemerintah.

Para pengamat PBB melaporkan hal itu berdasarkan wawancara dengan para saksi dan mereka yang selamat. Koalisi badan-badan PBB juga melaporkan meningkatnya aksi kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak di Darfur, termasuk pemerkosaan dan tindakan seksual yang tidak senonoh.

XS
SM
MD
LG