Tautan-tautan Akses

AS Mengedarkan Rancangan Resolusi di PBB Mengutuk Percobaan Nuklir Korea Utara


Amerika Serikat telah mengedarkan rancangan resolusi di Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengutuk percobaan nuklir Korea Utara dan mengenakan sanksi yang keras.

Dutabesar Amerika di PBB, John Bolton, mengatakan hari Senin usul Amerika mencakup pemeriksaan semua muatan kapal yang menuju dan datang dari Korea Utara, untuk melihat apakah ada senjata penghancur massal atau bahan yang terkait, embargo senjata total, dan pembekuan asset yang berhubungan dengan program senjata Pyongyang.

Bolton mengatakan para anggota Dewan Keamanan, termasuk Rusia dan Cina, menanggapi dengan baik usul Amerika itu. Tetapi, Bolton mengatakan masih terlalu dini untuk meramalkan disetujuinya resolusi itu.

Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis mengusahakan sanksi terhadap Korea Utara berdasarkan Pasal tujuh Piagam PBB – pasal yang mengharuskan tanggapan Dewan keamanan atas ancaman terhadap perdamaian internasional atau tindak agresi.

Dutabesar Korea Utara di PBB mengatakan Dewan Keamanan seharusnya mengucapkan selamat kepada Korea Utara, bukannya menyetujui resolusi yang buruk dan tak berguna itu. Sementara itu, seorang jurubicara Presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun mengutip Presiden mengatakan Korea Selatan terpaksa akan mempertimbangkan kembali kebijakan dialognya dengan Korea Utara.

XS
SM
MD
LG