Tautan-tautan Akses

Beijing Menentang Percobaan Nuklir yang Telah Dilakukan Korea Utara


Pernyataan Korea Utara bahwa negara itu telah berhasil melakukan percobaan nuklir bawah tanah mendapat reaksi paduan suara mengutuk dari seluruh dunia. Pemerintah Cina menyebut percobaan yang diberitakan itu “perbuatan tak tahu malu”. Beijing mengatakan sangat menentang apa yang dilakukan Korea Utara, dan menyerukan supaya Pyongyang kembali ke perundingan perlucutan senjata nuklir enam-pihak yang macet.

Cina merupakan salahsatu dari tidak banyak sekutu Korea Utara dan sebelumnya menanggapi ancaman nuklir tetangganya dengan nada terkendali. Korea Selatan sebelumnya juga menahan diri untuk tidak membuat marah tetangganya itu. Tetapi Seoul kini menyatakan akan menanggapi keras percobaan nuklir itu dan telah membatalkan sejumlah bantuan darurat kepada Korea Utara.

Jepang hari ini segera membentuk satu satuan tugas untuk menghadapi apa yang dianggap negara itu ancaman pada stabilitas regional. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berada di Seoul untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun, terutama untuk membahas isu nuklir itu.

XS
SM
MD
LG