Tautan-tautan Akses

PM Baru Jepang Kunjungi Cina Untuk Perbaiki Hubungan dan Bahas Nuklir Korut


Perdana Menteri baru Jepang Shinzo Abe berada di Beijing untuk memperkuat hubungan yang tegang antara dua raksasa Asia itu serta membahas ancaman Korea Utara hendak menguji-coba senjata nuklir. Abe bertemu dengan Perdana Menteri Cina Wen Jiabao hari ini Minggu di Balai Besar Rakyat di Beijing.

Pemimpin Jepang itu bertekad untuk memperbaiki hubungan dengan Bejing setelah tahun-tahun pemburukan hubungan diplomatik. Wen sependapat, merupakan kepentingan dasar Cina dan Jepang untuk membangun hubungan kerjasama yang bersahabat. Pertemuan itu merupakan yang pertama antara kedua negara dalam lima tahun, sejak hubungan memburuk karena soal sejarah masa perang Jepang, sengketa territorial, dan meningkatnya persaingan strategis.

Para pemimpin Cina telah menolak bertemu dengan mantan Perdana Menteri Junichiro Koizumi, antara lain karena kunjungannya ke kuil perang yang kontroversial di Tokyo. Para analis mengatakan, kedua pihak tampaknya siap mengesampingkan kepahitan itu untuk sementara, dan memusatkan perhatian pada isu yang lebih mendesak, diantaranya ancaman nuklir Korea Utara akhir-akhir ini.

XS
SM
MD
LG