Tautan-tautan Akses

Pasukan Korsel Lepaskan Tembakan Peringatan Terhadap Pasukan Korut


Pasukan Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan terhadap lima anggota pasukan Korea Utara yang melintasi perbatasan kedua negara yang dipertahankan kuat hari Sabtu.

Insiden itu memperuncing ketegangan menyusul pengumuman Korea Utara hendak melakukan percobaan nuklir. Militer Korea Selatan menerangkan, ke-5 tentara Korea Utara tadi memasuki zona bebas militer tetapi kemudian secepatnya kembali ke dalam wilayah mereka telah mendapat 40 tembakan peringatan. Mereka tidak membalas tembakan dan dilaporkan tidak ada korban luka-luka.

Insiden itu terjadi menyusul peringatan Dewan Keamanan PBB hari Jum’at kepada Korea Utara jangan melakukan percobaan senjata nuklir. Dewan mengatakan percobaan akan mengundang kutukan dunia, dan kalau Korea Utara tetap juga melakukannya maka perbuatan itu akan membawa akibat-akibat yang tidak dijelaskan.

Jepang mengatakan hari Sabtu bahwa pihaknya siap memajukan usul langkah-langkah hukuman di PBB untuk dikenakan terhadap Korea Utara jika negara itu tetap melakukan percobaan.

XS
SM
MD
LG