Tautan-tautan Akses

Wakil Menlu AS Yakin DK PBB Akan Segera Kenakan Sanksi Terhadap Iran


Para pejabat tinggi Amerika mengatakan, tugas menggarap rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB tentang program nuklir Iran akan dimulai pekan depan. Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Nicholas Burns mengatakan hari Sabtu di London, ia yakin, bahwa Dewan Keamanan akan mengenakan sanksi, karena Iran menolak menghentikan kegiataan pengayaan uranium.

Burns mengatakan, satu-satunya persoalan yang masih tinggal adalah seberapa keras sanksi itu nanti. Nicholas Burns mengeluarkan keterangan ini setelah pembicaraan di London, di mana lima anggota tetap Dewan Keamanan, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia dan Cina ditambah Jerman sepakat akan membahas kemungkinan sanksi non militer PBB terhadap Iran.

Menteri Luar Negeri Inggris, Margaret Beckett, yang mengetuai pembicaraan tersebut, memperingatkan bahwa perdebatan mengenai sanksi itu akan memerlukan kerja keras. Amerika Serikat dan Inggris terus melakukan lobi agar Iran dikenai sanksi karena tidak mematuhi batas waktu 31 Agustus yang ditetapkan PBB untuk menghentikan kegiatannya memperkaya uranium. Tetapi Rusia dan Cina telah berulang kali mengatakan, konfrontasi mengenai program nuklir Iran itu harus diselesaikan melalui perundingan.

XS
SM
MD
LG