Tautan-tautan Akses

AS Anggap Uji Coba Nuklir Korea Utara Akan Merupakan Tindakan Provokatif


Kementrian Luar Negeri Korea Utara mengatakan negara itu akan melakukan uji-coba nuklir untuk memperkuat pertahanannya terhadap apa yang disebutnya sikap permusuhan Amerika. Menurut kantor berita Korea Utara, uji coba nuklir tersebut akan berlangsung “pada masa depan” dan tidak secara khusus menyebut hari atau tanggalnya.

Dalam menanggapinya, Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza rice mengatakan setiap uji-coba nuklir oleh Korea Utara akan merupakan “tindakan yang sangat profokatif.” Pemerintah Jepang dan pemerintah Inggris mengatakan uji-coba semacam itu akan mengakibatkan konsekuensi serius.

Uni Eropa hari ini mengatakan bahwa pengumuman tersebut adalah “suatu langkah peningkatan dan tidak bertanggung jawab “ yang menambah ketegangan dan merongrong stabilitas regional.

Korea Selatan mengatakan pihaknya telah memperkuat tingkat keamanan dan status siap siaganya sebagai akibat pernyataan Korea Utara itu. Tetapi kementerian luar negeri Rusia meragukan ancaman itu, dengan mengatakan Korea Utara telah membuat klaim serupa sebelumnya.

XS
SM
MD
LG