Tautan-tautan Akses

Yasuhisa Shiozaki Ingin Memperbaiki Hubungan Cina dan Korea Selatan


Jurubicara utama pemerintah Jepang mengatakan Tokyo sedang berusaha merancang KTT antara perdana menterinya yang baru, Shinzo Abe, dan para pemimpin Cina dan Korea Selatan.

Kepala Sekretaris Kabinet Yasuhisa Shiozaki mengatakan, perdana menteri yang baru terpilih itu ingin memperbaiki hubungan yang tegang dengan dua tetangga terdekat Jepang itu.

Yasuhisa mengatakan Senin ini, belum ada tanggal yang ditetapkan, tetapi dia mengindikasikan Abe ingin berkunjung ke Cina dan Korea Selatan se-segera mungkin. Laporan media Jepang menduga-duga kunjungan perdana menteri itu kemungkinan diawali hari Minggu depan.

Senin ini Abe mengatakan kepada parlemen, dia ingin membangun hubungan yang memandang-ke depan dengan tetangga-tetangga Jepang, melalui dialog dan kerjasama.

Korea Selatan dan Cina tetap merasa pahit oleh agresi Jepang pada masa Perang Dunia Kedua di kawasan itu. Mereka menolak menemui pendahulu Abe, Junichiro Koizumi, karena kunjungannya yang kontroversial ke kuil perang Yasukuni yang menurut mereka mengelu-elukan sejarah militeristik Jepang.

XS
SM
MD
LG