Tautan-tautan Akses

Putin Perintahkan Penarikan Pasukan Rusia dari Georgia Dilanjutkan Sesuai Rencana


Berita yang tersiar di Rusia mengatakan Presiden Vladimir Putin telah memerintahkan Kementrian Pertahanan melanjutkan penarikan pasukan Rusia dari Georgia sebagaimana direncanakan.

Perintah itu dikeluarkan Minggu petang, sehari setelah perang kata-kata yang luarbiasa keras dimana Presiden Putin menyamakan tindakan Georgia menahan empat anggota militer Rusia dengan terorisme yang disponsor negara. Georgia mengatakan anggota militer Rusia itu melakukan kegiatan mata-mata -- tuduhan yang dibantah tegas oleh Moskow.

Sebelumnya Presiden Putin menuduh Georgia sengaja memprovokasi Moskow dengan penahanan minggu lalu itu. Ia juga menuduh pemimpin-pemimpin Georgia bertindak seperti Lavrent Beria, kepala polisi rahasia Soviet zaman Stalin pada tahun 1930 dan 1940-an.

Rusia tahun lalu setuju menarik seluruh sekitar empat ribu pasukan dari dua pangkalan zaman Soviet di Georgia akhir tahun 2008. Menyusul penahanan tadi pejabat-pejabat tinggi Kementerian Pertahanan mengancam akan menghentikan penarikan tersebut.

Panglima Militer Rusia di Kaukasus Jenderal Andrei Popov mengatakan pasukan Russia akan menggunakan kekuatan yang mematikan untuk mempertahankan basis-basis mereka di Georgia. Sementara, Presiden Georgia Mikhail Saakashvili mengatakan warga Rusia di Georgia tidak terancam.

XS
SM
MD
LG