Tautan-tautan Akses

Pemerintah Sudan Batasi Para Pejabat AS Untuk Tidak Kunjungi Darfur


Amerika Serikat mengatakan Sudan membatasi gerakan para pejabat Amerika hanya di ibukota Khartoum, sehingga tidak memungkinan kunjungan ke daerah Darfur yang gawat. Seorang jurubicara departemen luar negeri Amerika juga mengatakan bahwa utusan khusus pemerintah Amerika untuk Darfur, Andrew Natsios, belum memperoleh visa untuk berkunjung ke Sudan.

Ia mengatakan walaupun Sudan bersikap menghambat, Amerika Serikat tidak akan berhenti melakukan usaha diplomatic agar pasukan penjaga perdamaian PBB menggantikan pasukan Uni Afrika di Darfur. Pemerintah Sudan telah berkali-kali menolak pasukan PBB yang diusulkan.

Sementara itu, Wakil Sekertaris Jenderal PBB menuduh Amerika Serikat dan Inggris berbicara terlalu besar mengenai Darfur, dan mengatakan kedua negara sebaiknya jangan lagi mengeluarkan ancaman karena Sudan mengetahui kedua negara tersebut tidak dapat melaksanakan ancamannya. Dutabesar Amerika menuntut agar Wakil Sekjen PBB itu meminta maaf atas ucapannya, dengan mengatakan ucapan demikian merongrong PBB.

XS
SM
MD
LG