Tautan-tautan Akses

Rusia Tuduh Beberapa Anggota NATO Memasok Senjata Secara Gelap ke Georgia


Rusia menuduh beberapa anggota NATO secara gelap telah memasok senjata buatan Soviet kepada Georgia. Ini dikatakan oleh menteri pertahanan Rusia Sergei Ivanov hari Jumat. Ivanov tidak menyebut negara NATO mana yang dimaksudnya, kecuali menjelaskan bahwa mereka terdapat diantara tujuh bekas negara Eropa Timur yang telah menjadi anggota pakta pertahanan Eropa itu.

Ketegangan antara Rusia dan Georgia meningkat minggu ini setelah Georgia menuduh Rusia melakukan kegiatan mata-mata di Georgia. Kata Rusia, tuduhan itu adalah bagian dari usaha untuk memaksa Rusia supaya menarik pasukannya dari Georgia.

Sementara itu, Belarus mengatakan, hubungan ekonomi negerinya dengan Rusia sedang dipertanyakan, karena Rusia akan menaikkan harga gas alam yang dijualnya kepada Belarus. Kata presiden Belarus, Alexandre Lukashenko, usul Rusia untuk menaikkan harga gas alam secara tajam akan merusak hubungan antara kedua negara, khususnya dalam hubungan ekonomi. Pemerintah Belarus saat ini membayar 47 dollar tiap seribu meter kubik gas, tapi Rusia ingin menaikkan harga itu menjadi 200 dollar.

XS
SM
MD
LG