Tautan-tautan Akses

Javier Solana: Pembicaraan Nuklir Iran di Berlin Capai Beberapa Kemajuan


Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Javier Solana mengatakan, dari dua hari pembicaraan nuklir di Berlin dengan Iran ada beberapa kemajuan yang dicapai meskipun belum ada perjanjian. Ia mengemukakan hal itu hari Kamis sambil menambahkan bahwa ada beberapa isu yang belum dipecahkan tetapi ia berharap pembicaraan dilanjutkan lagi dalam beberapa hari mendatang.

Ketua perunding nuklir Iran, Ali Larijani juga mengatakan bahwa pembicaraan berjalan ‘konstruktif’ dan ada beberapa kesimpulan positif yang dicapai. Baik Solana maupun Larijani tidak merinci keterangan mereka.

Dalam pada itu – presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad lagi-lagi menampik tuntutan internasional agar Iran menghentikan proses memperkaya uranium. Ia menandaskan Iran tidak akan berhenti memperkaya uranium meskipun sehari.

Di Washington – juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Sean McCormack mengatakan Amerika tidak mau memaksakan sanksi terhadap Iran karena program nuklir itu, tetapi siap melakukannya bersama mitra-mitra internasionalnya. Dari itu, katanya, keputusannya terserah pada Iran.

XS
SM
MD
LG