Tautan-tautan Akses

Perang di Irak Menimbulkan Kebencian Dunia Muslim Terhadap AS


Sebagian laporan rahasia pemerintah Amerika yang baru diungkapkan mengatakan perang di Irak telah menimbulkan kebencian mendalam di dunia Muslim terhadap Amerika Serikat.

Laporan intelijens itu mengatakan keterlibatan Amerika di Irak sedang menempa angkatan baru teroris dan meningkatkan dukungan pada apa yang disebutnya gerakan jihadis global. Laporan itu mengatakan kaum ekstrim Islam telah menyebar anggotanya dan jangkauan geografisnya, walaupun beberapa tokoh al-Qaida telah tewas.

Tetapi, laporan itu juga mengemukakan bahwa kalau kaum jihadist dipandang telah gagal di Irak, semakin sedikit lashkar yang terdorong untuk meneruskan perlawanan.

Presiden Bush memerintahkan beberapa bagian laporan itu diungkapkan hari Selasa setelah beberapa bagian laporan itu dibocorkan kepada media massa.

Bush berpendapat bahwa laporan itu dibocorkan untuk tujuan politis beberapa minggu sebelum pemilu awal November. Ia mengatakan ia tidak sependapat dengan para pengeritik yang mengatakan perang di Irak adalah kekeliruan.

XS
SM
MD
LG