Tautan-tautan Akses

Paus Benediktus: Umat Kristen dan Muslim Harus Bekerjasama Perangi Kekerasan


Paus Benediktus mengatakan Kristen dan Muslim harus bekerjasama memerangi kekerasan dan tidak adanya toleransi, dan menekankan bahwa dialog antara kedua agama penting bagi perdamaian dunia.

Berbicara dalam bahasa Prancis, Paus menyatakan penghormatannya yang tinggi terhadap semua Muslim. Ia berbicara di depan para diplomat Muslim dan para tokoh masyarakat Islam di Italia yang berkumpul di rumah peristirahatannya Castel Gandolfo di pinggiran kota Roma.

Paus berusaha untuk meredakan kemarahan umat Islam atas pernyataannya belum lama ini mengenai Islam. Paus tidak secara khusus menyebut kutipan itu yang menimbulkan kontroversi, dengan mengatakan pertemuan ini dilakukan atas dasar kondisi tertentu. Paus mengatakan ia merencanakan acara ini untuk mempererat hubungan antara kedua agama.

Awal bulan ini, Paus mengutip kaisar Byzantium abad ke 14 yang mengecam ajaran Nabi Muhammad. Paus mengatakan kata-kata itu bukanlah pendapatnya sendiri. Umat Islam di seluruh dunia melancarkan protes atas pernyataan Paus.

XS
SM
MD
LG