Tautan-tautan Akses

Pemerintah Militer Thailand Nyatakan Komitmen Terhadap Ekonomi Pasar Bebas


Pemerintah militer Thailand yang baru menyatakan dukungannya pada komitmen negara itu terhadap ekonomi pasar bebas. Dewan militer Thailand mengatakan hari ini, pihaknya akan menjamin pertumbuhan ekonomi dan investasi baik asing maupun dalam negeri yang tetap terbuka dan berkelanjutan.

Penguasa militer bersiap-siap mengeluarkan konstitusi sementara minggu ini. Setelah konstitusi dikeluarkan, rejim militer ini menyatakan akan mengangkat seorang perdana menteri sipil. Jendral Winai Phattiyakul mengatakan pemerintah baru ini kemudian akan merancang konstitusi yang permanen, dan akan mengadakan pemilu dalam waktu delapan bulan mendatang.

Para pemimpin kudeta di Thailand minggu lalu juga telah membentuk komite anti korupsi yang akan menyelidiki tuduhan korupsi pemerintahan perdana menteri yang terguling Thaksin Shinawatra. Komite ini mempunyai wewenang menyita asset yang dimiliki oleh para politisi dan sanak saudara mereka, kalau perlu.

Para pejabat mengatakan mereka menduga Thaksin yang mempunyai kekayaan miliaran dolar itu telah mengirim sebagian kekayaannya keluar negeri.

XS
SM
MD
LG