Tautan-tautan Akses

Empat Polisi Cedera Dalam Ledakan Bom Pinggir Jalan di Thailand Selatan


Empat orang polisi di Thailand selatan cedera dalam ledakan bom, serangan pertama di bagian selatan negara itu sejak kudeta militer menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra . Pihak berwajib mengatakan polisi tersebut sedang menyiapkan pengamanan di provinsi Pattani menjelang kunjungan hari ini oleh Putra Mahkota Vajiralongkorn, ketika bom yang dipasang di pinggir jalan meledak.

Pemimpin kudeta Jenderal Sondhi Boonyaratglin adalah Muslim yang pertama memimpin angkatan darat Thailand. Ia sebelumnya ditugaskan untuk menyelesaikan konflik yang telah menelan lebih dari 1300 korban jiwa dalam dua tahun ini di bagian selatan Thailand.

Kemarin, kira-kira 100 demonstran mengutuk kudeta militer yang menggulingkan pemerintah Thailand pekan ini sebagai tidak demokratis. Polisi tidak menindak mereka. Demonstrasi itu adalah insiden kecil pertama keresahan yang dilaporkan sejak kudeta tanpa kekerasan hari Selasa lalu.

Angket pendapat umum yang baru menunjukkan mayoritas besar rakyat Thailand – kira-kira 80 persen – menyetujui kudeta itu karena mengakhiri kerusuhan politik selama berbulan-bulan.

Para pemimpin kudeta telah melarang masyarakat berkumpul 5 orang atau lebih, termasuk kegiatan politik. Para pemimpin kudeta Thailand juga telah mengangkat badan anti-korupsi yang beranggotakan 9 orang untuk menyelidiki tuduhan penyuapan pada masa kekuasaan Perdana menteri Thaksin Shinawatra.

XS
SM
MD
LG