Tautan-tautan Akses

Paus Mengundang Wakil Negara Islam ke Vatikan Untuk Klarifikasi Pernyataannya


Paus Benedictus telah mengundang wakil-wakil negara islam di Vatikan untuk mengadakan pertemuan guna menjelaskan pernyataan paus yang kontroversial tentang Nabi Muhammad dan agama islam. Para duta besar negara-negara Islam akan bertemu dengan Paus pekan depan dalam usaha menjelaskan pernyataannya tentang Islam yang kata pemimpin Katolik Roma itu disalah-tafsirkan.

Pertemuan hari Senin di Castel Gandolfo, kediaman musim panas paus, juga akan menyertakan para tokoh agama Islam. Paus Benediktus mengatakan pernyataan tentang Islam dan kekerasan bukanlah pandangannya. Dia mengatakan dia sangat menghormati umat Islam sebagai orang-orang yang menyembah satu Tuhan.

Berbicara di Jerman pekan lalu, paus mengutip ucapan seorang kaisar Byzantium dari abad ke-14 yang menyebut sebagian ajaran Nabi Muhammad jahat dan tidak manusiawi. Benediktus juga berbicara tentang konsep jihad dalam Islam, dan dia mengatakan kekerasan tidak sesuai dengan sifat Tuhan.Ratusan orang muslim di Pakistan melancarkan aksi protes setelah sembahyang Jumat untuk memprotes ucapan-ucapan paus itu.

XS
SM
MD
LG