Tautan-tautan Akses

Mendarat Mulus di Florida, NASA Laporkan Misi Pesawat Atlantis Sukses Besar


Direktur Badan Antariksa Nasional Amerika NASA mendeklarasikan misi penerbangan ulang-alik pesawat antariksa ATLANTIS sukses besar. Pesawat telah mendarat kembali di bumi hari Kamis di Kennedy Space Center, Florida. NASA selama ini mendapat tekanan agar merampungkan pembangunan stasiun antariksa sebelum armada pesawat ulang-alik dipensiunkan tahun 2010.

Proyek itu mengalami penundaan tatkala armada didaratkan tahun 2003 setelah tujuh astronot tewas ketika pesawat ulang-alik COLUMBIA meledak berantakan sewaktu memasuki atmosfir bumi. Komandan ATLANTIS Brent Jett mengatakan kepada wartawan hari Kamis bahwa penundaan beberapa tahun memberi waktu kepada anak buahnya tambahan waktu untuk berlatih.

Namun ia menambahkan mereka ditantang oleh fakta bahwa mereka telah melakukan pekerjaan di antariksa yang belum pernah dilakukan. Menurutnya t astronot masa depan akan belajar dari pengalaman awak ATLANTIS. Selama misi 12 hari awak ATLANTIS melakukan tiga jalan di antariksa yang amat menantang untuk memasang sepasang panel pengumpul sinar surya di Stasiun Antariksa Internasional.

XS
SM
MD
LG