Tautan-tautan Akses

Pertemuan Bank Dunia Dukung Agenda Pemberantasan Korupsi Usulan Wolfowitz


Para pengambil kebijakan di Bank Dunia mendukung upaya pemberantasan korupsi yang kontroversial yang dipimpin oleh Presiden Bank Dunia Paul Wolfowitz. Para pejabat Bank Dunia menyetujui rencana itu hari ini di Singapura, namun negara-negara pemegang saham Bank Dunia akan memantau langkah tersebut.

Para anggota komisi dari Prancis, Jerman dan Inggris telah mendesak dilakukannya pemantauan itu. Sesuai dengan rencana Wolfowitz, bantuan keuangan akan dikaitkan dengan upaya anti korupsi yang dilancarkan negara penerima bantuan. Wolfowitz mengatakan langkah itu akan memerangi kemiskinan dengan menjamin bahwa bantuan akan bisa sampai pada mereka yang sangat membutuhkan.

Namun para pengecam mengatakan rencana itu akan memaksa sejumlah negara meliberalisasi pasar dan menswastanisasi bidang jasa mereka. Sesuai dengan rencana itu, pinjaman kepada sejumlah negara yang membutuhkan telah ditunda. Minggu lalu, Inggris mengancam akan menahan 94 juta dolar kontribusinya kepada Bank Dunia sebagai protes terhadap persyaratan bantuan kepada negara-negara berkembang itu.

XS
SM
MD
LG