Tautan-tautan Akses

Vatikan Perintahkan Para Dubesnya Klarifikasi Pidato Paus Benediktus


Vatikan telah memerintahkan para duta besarnya di seluruh dunia untuk mengklarifikasi sikap Paus Benediktus terhadap Islam. Ini adalah upaya Vatikan untuk meredam kemarahan umat Islam di seluruh dunia atas pernyataan Paus mengenai Islam. Menteri luar negeri Vatikan Kardinal Tarcisio Bertone mengatakan para duta besar dan utusan Vatikan telah diminta menjelaskan makna keseluruhan pidato Paus kepada para tokoh politik dan agama di negara-negara Muslim.

Paus Benediktus mengatakan dia sangat menyesal dengan kemarahan yang timbul akibat kutipan kata-kata kaisar Byzantine di abad pertengahan, dalam pidatonya di depan kalangan akademisi di Jerman belum lama ini. Pernyataan pemimpin gereja Katolik Roma hari Minggu lalu dikeluarkan setelah Vatikan mengeluarkan permintaan maaf secara resmi Sabtu lalu.

Namun demonstrasi masih terus berlanjut di jalan-jalan di Kashmir Pakistan dan Irak, di mana para demonstran membakar boneka Paus dan militant al Qaida mengancam akan melancarkan perang terhadap para penyembah salib.

Di Tehran, pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Khamenei mengatakan pernyataan Paus itu sejalan dengan apa yang disebutnya perang Salib barat terhadap Islam. Seorang anggota parlemen Mesir mendesak pemutusan hubungan dengan Vatikan jika Paus tidak meminta maaf secara memuaskan.

XS
SM
MD
LG