Tautan-tautan Akses

Aktivis Akhirnya Diijinkan Masuki Singapura Saat Pertemuan Bank Dunia dan IMF


Singapura telah mencabut keputusannya untuk melarang kelompok aktivis memasuki negara itu untuk menghadiri pertemuan Bank Dunia dan IMF. Negara kota itu mengatakan hari Jumat mereka akan mengizinkan 22 dari 27 aktivis sipil yang sebelumnya masuk dalam daftar hitam. Para pejabat mengatakan keputusan itu diambil setelah Sigapura menerima masukan dari Bank Dunia dan IMF, yang telah memrotes tindakan Singapura yang melarang para aktivis memasuki negara itu. Pemerintah Singapura mengatakan ke-5 lagi aktivis mungkin tidak akan diizinkan sekiranya mereka berusaha memasuki negara itu.

Hari Jumat, Presiden Bank Dunia Paul Wolfowitz mengecam Singapura karena melarang kelompok itu memasuki Singapura. Wolfowitz mengatakan negara kota itu telah menimbulkan kerusakan berat terhadap dirinya dengan memasukkan para aktivis dalam daftar hitam. IMF dan Bank Dunia akan mengadakan pertemuan tahunan hari Selasa dan Rabu .

Sementara itu, para menteri keuangan dari Kelompok 7 negara industri menyerukan kepada Cina agar membiarkan nilai tukarnya naik lebih cepat untuk mengurangi ketidak-seimbangan perdagangan. Dalam pernyataan yang dikeluarkan Sabtu ini di Singapura, para menteri G-7 mengatakan, fleksibilitas yang lebih tinggi nilai tukar itu diperlukan di beberapa Negara yang ekonominya tumbuh pesat, terutama Cina. Sebelumnya, pada hari ini para menteri G-7 bertemu dengan para pejabat tinggi Cina untuk mengadakan pembicaraan mengenai ketidak-seimbangan perdagangan global.

Setelah pertemuan itu, Gubernur Bank Sentaral Cina, Zhou Xiaochuan mengatakan, Cina bersedia mempertimbangakan secara serius usulan baik apapun mengenai kebijaksanaan mata uangnya. Mengenai masalah lain, para menteri keuangan G-7 menyatakan, ekonomi mereka tetap kuat meskipun pertumbuhannya melambat di AS, namun inflasi dan proteksionisme perdagangan terus merupakan ancaman. Para menteri itu berkumpul di Singapura menjelang pertemuan tahunan Bank Dunia dan IMF yang akan berlangsung hari Selasa dan Rabu.

XS
SM
MD
LG