Tautan-tautan Akses

AS Yakin Dewan Keamanan PBB Akan Mengenakan Sanksi Terhadap Iran


Amerika Serikat menyatakan keyakinan bahwa Dewan Keamanan PBB kelak akan mengenakan sanksi terhadap Iran atas program nuklirnya.

Seorang jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan hari Kamis bahwa diplomasi menuju sanksi akan, dengan mengutip kata-katanya, “kompleks dan kadang-kadang diperjuangkan dengan keras.”

Washington mengatakan Iran harus menghadapi sanksi sekarang, karena mengabaikan batas waktu Dewan Keamanan tanggal 31 Augustus untuk menghentikan pengolahan uranium. Tetapi, tidak semua anggota Dewan sependapat mengenai cara menghadapi Iran.

Inggris, Perancis, dan Jerman sudah berunding dengan Teheran, dan mengatakan mereka masih terbuka untuk dialog. Rusia dan Cina telah lama enggan menghukum Iran.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan hari Kamis ia terbuka untuk apa yang disebutnya “persyaratan baru” untuk menyelesaikan masalah itu. Ia tidak memberi penjelasan.

Amerika Serikat dan banyak negara Eropa sekutu Amerika yakin Iran sedang berencana membuat senjata nuklir – tuduhan yang telah dibantah Iran.

XS
SM
MD
LG