Tautan-tautan Akses

Ulama Turki Kritik Paus Benedictus Karena Komentar Negatif Tentang Islam


Kepala Direktorat Urusan Agama pemerintah Turki, Ali Bardakoglu telah mengritik Paus Benedictus karena ucapannya tentang Islam dalam lawatannya belum lama ini di Jerman.

Dalam keterangan di televisi Turki, Ali Bardakoglu mengatakan Sri Paus merasa dendam terhadap Islam sebab itu harus mempertimbangkan kembali rencananya berkunjung ke Turki.

Dalam pidato di hadapan akademisi di Universitas Regensburg hari Selasa, Sri Paus mengutip ucapan Kaisar Byzantine abad ke-14 yang menyatakan Nabi Muhammad SAW hanya membawa ‘hal-hal yang jahat dan tidak manusiawi’. Sri Paus merujuk pada konsep Islam tentang Perang Suci atau Jihad. Ia menyebut kekerasan tidak sesuai dengan sifat Tuhan, sebab itu katanya harus ditolak.

Ali Bardakoglu mengatakan Sri Paus mempunyai yang disebutnya ‘mentalitas tentara salib’ merujuk pada tentara salib zaman pertengahan yang mara ke Tanah Suci untuk membebaskan Yerusalem dari pemerintahan Muslim.

Juru bicara Vatikan hari Kamis mengatakan Sri Paus menghormati Islam dan tidak bermaksud menyinggung perasaan Muslim. Ia menambahkan bahwa Sri Paus menolak kekerasan yang bermotifkan agama.

XS
SM
MD
LG