Tautan-tautan Akses

Warga Negara di Seluruh Dunia Menghadiri Upacara Memperingati 11 September


Warga negara-negara di seluruh dunia menghadiri upacara hari Senin memperingati serangan teroris 11 September tahun 2001 di Amerika Serikat.

Di kota New York, para delegasi di Perserikatan Bangsa-Bangsa mengheningkan cipta sejenak bagi para korban. Sekertaris Jenderal PBB Kofi Annan mengatakan dalam Dewan Keamanan peristiwa hari itu adalah serangan terhadap kemanusiaan itu sendiri.” Para pejabat dari 38 negara Asia dan Eropa yang mengadakan pertemuan di Helsinki, Findlandia, mengenang para korban dan bertekad untuk meneruskan perang melawan kelompok-kelompok teroris di seluruh dunia. Di Jerman, Paus Benediktus mengadakan Misa yang juga mendoakan perdamaian di dunia.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyatakan solidaritas dengan rakyat Amerika. Para sanak keluarga korban warga Inggris meletakkan bunga dalam upacara di kedutaan Amerika di London. Serangan 11 September 2001 menewaskan 67 warga negara Inggris.

Upacara peringatan juga diadakan di kedutaan Amerika di Albania, Rusia, dan Ukraina.

Dutabesar Amerika untuk Kenya menghadiri upacara bersama para pemuka suku Maasai.

Tetapi, para pemimpin sejumlah negara, termasuk sekutu Amerika Jerman dan Selandia Baru, menggunakan peringatan itu untuk mengecam perang pemerintahan Bush terhadap terorisme.

XS
SM
MD
LG