Tautan-tautan Akses

Rakyat Amerika Memperingati Lima Tahun Serangan Teroris 11 September


Rakyat Amerika memperingati lima tahun serangan teroris 11 September dengan mengheningkan cipta dan membacakan nama-nama para korban. Presiden Bush berkunjung ke tiga tempat terjadinya serangan yang menewaskan hampir 3000 orang dalam waktu beberapa jam, menjadikannya sebagai serangan paling dahsyat di Amerika.

Presiden Bush dan Laura meletakkan karangan bunga unutk menghormati mereka yang tewas di Pennsylvania, di mana pesawat yang dibajak jatuh setelah para penumpang berusaha untuk membekuk para pembajak. Pesawat ini sebelumnya diduga kuat akan mengarah ke Gedung Putih atau Gedung Kongres di Capitol Hill. 40 orang tewas dalam kecelakaan itu. Presiden Bush menyambut keluarga para korban yang berkumpul di tempat kecelakaan dalam suasana mendung.

Sebelumnya, Presiden Bush berkumpul bersama para petugas pemadam kebakaran dan polisi di New York. Mereka menundukkan kepala untuk mengheningkan cipta, tepat saat dua pesawat menabrak kedua gedung World Trade Center. Para pemusik tiup memainkan lagu-lagu di Ground Zero, tempat bekas berdirinya World Trade Center. Keluarga 2749 orang yang tewas di kedua menara itu membacakan dengan keras nama-nama para korban, sementara sanak keluarga lainnya mendengarkan dengan hikmat sambil membawa foto-foto korban dan karangan bunga. Presiden Bush kemudian ikut dalam upacara di Pentagon, lokasi serangan berikutnya yang menewaskan 184 orang.

Sementara itu, para diplomat di PBB mengheningkan cipta bagi para korban serangan 11 September, dan sekjen PBB Kofi Annan mengatakan kepada dewan keamanan serangan itu merupakan serangan terhadap kemanusiaan itu sendiri. Di Finlandia, para pejabat yang mengikuti pertemuan 38 negara Asia-Eropa mengenang para korban serangan 11 September, dan bertekad akan memerangi teroris di seluruh dunia.

Di Jerman, Paus Benediktus melakukan misa bagi perdamaian dunia, lima tahun setelah serangan. Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengirim pesan solidaritas kepada rakyat Amerika. Karzai mengatakan ia memahami korban yang begitu besar akibat serangan itu, dan mengatakan negaranya telah berjuang melawan terorisme selama bertahun-tahun. Para keluarga korban dari Inggris meletakkan bunga dalam sebuah upacara di kedutaan besar Amerika di London. Serangan itu menewaskan 67 warga Inggris.

Upacara peringatan juga dilangsungkan di kedutaan besar Amerika di Albania, Rusia dan Ukraina. Dan duta besar Amerika untuk Kenya Michael Ranneberger ikut ambil bagian dalam upacara peringatan ini dengan para pemuka suku Maasai, yang mempersembahkan 14 kepala sapi kepada keluarga para korban serangan 11 September.

XS
SM
MD
LG