Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Iran dan UE Mengenai Nuklir Iran Berlangsung Konstruktif


Iran dan Uni Eropa mengatakan, pembicaraan mereka hari Sabtu mengenai program nuklir Iran bersifat konstruktif dan positif. Jurubicara Uni Eropa mengatakan, pertemuan di Wina itu antara perunding tertinggi Iran mengenai nuklir, Ali Larijani dan Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Javier Solana akan dilanjutkan hari Minggu.

Pembicaraan tersebut mungkin akan merupakan kesempatan terakhir Iran untuk menghindarkan sanksi internasional atas program nuklirnya. Di Helsinki, Findlandia, Perdana Menteri Cina mendesak Iran agar mempertimbangkan keprihatinan masyarakat internasional mengenai program nuklirnya. Perdana Menteri Cina Wen Jiabao juga memperingatkan yang berkepentingan jangan memperkuat tekanan terhadap Teheran, dengan mengatakan, konfrontasi nuklir itu harus diselesaikan secara damai.

Cina dan Rusia telah sejak lama enggan menghukum Iran. Amerika Serikat mendesak diberlakukannya sanksi terhadap Iran karena tidak memenuhi batas waktu tanggal 31 Agustus yang ditetapkan PBB untuk menghentikan kegiatan pengayaan uranium.

XS
SM
MD
LG