Tautan-tautan Akses

Depkeu AS Telah Memblokir Sebuah Bank Pemerintah Iran


Departemen keuangan Amerika telah memblokir sebuah bank pemerintah Iran supaya tidak bisa mengadakan transaksi keuangan dengan Amerika. Kata pejabat departemen keuangan hari Jumat, pemerintah Iran menggunakan bank itu untuk mengirim uang ratusan juta dollar kepada kelompok-kelompok teroris, termasuk Hizbullah, Hamas dan Jihad Islam Palestina.

Keputusan Amerika itu adalah bagian kebijakan Amerika untuk menekan Iran supaya menghentikan program pengayaan uraniumnya. Kemarin, pemerintah Amerika juga telah membekukan asset dua badan keuangan Libanon, atas tuduhan memberikan bantuan kepada Hizbullah

Sementara itu, Amerika berharap dewan keamanan akan mulai membahas rancangan resolusi untuk mengenakan sanksi-sanksi atas Iran minggu depan.

Kata pejabat departemen LN Nicholas Burns, diplomat dari lima anggota tetap DK ditambah Jerman akan membahas isu itu di berlin hari Senin, dan setelah itu perundingan akan diadakan di dewan keamanan. Tapi laporan-laporan pers menunjukkan tidak semua diplomat yang akan bertemu itu sepakat tentang langkah apa yang akan diambil terhadap Iran.

Ayatollah Imami Kashani, seorang ulama senior Iran hari Jumat mengatakan, dunia akan menderita kalau Iran dikenai sanksi-sanksi. Cina dan Rusia, dua anggota tetap DK, sejak lama enggan untuk menghukum Iran.

XS
SM
MD
LG