Tautan-tautan Akses

Bush Berjanji Akan Terus Menekan Anggota Kelompok Teroris al-Qaida


Presiden Bush berjanji akan terus menekan anggota kelompok teroris al-Qaida. Hari Kamis ia mengucapkan pidato yang ketiga dari rangkaian pidatonya menjelang ulang tahun ke-5 serangan teroris 11 September 2001 di Amerika dan pemilihan anggota Kongres bulan November.

Dalam pidato di kota Atlanta ia menyebut pidatonya yang ketiga dalam tiga hari tentang terorisme sebagai laporan kemajuan tentang langkah-langkah yang diambil negara dalam melindungi diri.

Bush juga meminta Kongres memberi wewenang kepada pemerintahannya untuk memantau pembicaraan telepon internasional dan e-mail tanpa surat perintah pengadilan. Bulan lalu sebuah mahkamah federal memutuskan tindakan itu tidak konstitusional.

Pihak Demokrat mencoba menandingi pidato Bush dengan mengajukan rancangan undang-undang baru yang kata mereka dapat meningkatkan keamanan Amerika dengan mengubah haluan di Irak, menyediakan sarana yang lebih baik untuk mengadili teroris dan melaksanakan rekomendasi Komisi Penyelidikan Serangan 11 September 2001 guna memperkuat keamanan nasional.

Demokrat menuduh Bush menggaris-bawahi upaya memerangi terorisme untuk mengalihkan perhatian publik dari perang Irak yang bertambah tidak populer. Demokrat berharap masalah Irak dapat membantu mereka memenangkan kekuatan mayoritas di Dewan Perwakilan dan Senat dalam pemilihan November nanti.

XS
SM
MD
LG