Tautan-tautan Akses

Serangan Pemberontak Irak Tewaskan 14 Peziarah Karbala Asal Pakistan


Para pejabat Irak mengatakan, pemberontak telah menewaskan 14 peziarah muslim Asia Selatan yang melakukan perjalanan ke kota suci Shiah, Karbala. Kebanyakan yang tewas itu warga Pakistan.

Pihak berwenang Irak juga mengatakan sejumlah ledakan dalam waktu yang hampir bersamaan di Baghdad menewaskan paling sedikit dua orang. Dikatakan ledakan-ledakan itu mencederai sekurang-kurangnya 16 orang lain di distrik Waziriyah di Baghdad.

Sementara itu, pemerintah Irak mengatakan pihaknya telah mengambil-alih kekuasaan terhadap penjara Abu Ghraib di Irak dari militer Amerika. Para pejabat Irak mengatakan penjara itu, tempat terjadinya skandal penyiksaan oleh tentara Amerika, sekarang kosong -- tanpa tahanan.

Dalam perkembangan lain, Departemen Pertahanan Amerika mengatakan meningkatnya kekerasan antar golongan di Irak dapat menciptakan keadaan yang memungkinkan terjadinya perang saudara, tetapi perang saudara itu bisa dihindari jika upaya yang dilakukan saat ini untuk mengurangi kekerasan berhasil.

Pentagon mengatakan bentrokan antara golongan Syi’ah dan Arab Sunni terus meningkat, dan serangan yang dilancarkan kedua belah pihak naik hampir 24 persen, dan jumlah korban sipil di Irak naik 51 persen.

XS
SM
MD
LG