Tautan-tautan Akses

Rumsfeld: Teroris adalah Jenis Musuh yang Berbeda dari Apa yang Dihadapi Amerika


Menteri Pertahanan Amerika Donald Rumsfeld mengatakan kelompok-kelompok teroris dan pendukung mereka sedang mengancam dunia dengan “fasisme jenis baru,” dan ia mengingatkan negara-negara bebas dimana-mana agar jangan berusaha menyenangkan kaum ekstrimis demikian.

Dalam pidatonya di hadapan organisasi veteran perang Amerika, Rumsfeld mengatakan teroris adalah jenis musuh yang berbeda dari apa yang dihadapi Amerika dan sekutunya di masa lampau. Ia mengatakan orang-orang yang berusaha mencapai suatu bentuk penyelesaian dengan kelompok-kelompok teroris hendaknya mengingat bagaimana kekeliruan yang dilakukan para pemimpin nasional yang berusaha menyenangkan Nazi Jerman, tetapi gagal mencegah Perang Dunia Kedua.

Pimpinan Pentagon itu berpendapat bahwa orang yang mengecam kebijakan Presiden Bush, terutama di Irak, menderita kekacauan moral dan intelektual. Ia mengutuk apa yang disebutnya “pandangan destruktif bahwa Amerika, bukan musuhnya, adalah sumber sesungguhnya masalah dunia.

Menteri Luar Negeri Amerika Condoleessa Rice juga berpidato kemarin di hadapan konvensi nasional veteran Amerika itu. Dia mengatakan penarikan pasukan Amerika yang terlalu dini dari Irak akan membuat kaum ekstrimis semakin berani dan mengakibatkan kerusakan sangat besar terhadap kepentingan Amerika.

XS
SM
MD
LG