Tautan-tautan Akses

Kofi Annan Kembali Desak Israel Cabut Blokadenya Atas Wilayah Libanon


Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan mendesak Israel supaya mencabut blokade darat, laut dan udaranya atas Libanon. Kata Annan, blokade itu sangat menghina bangsa Libanon. Namun, Israel mengatakan blokade itu baru akan dicabut kalau pasukan PBB sudah ditempatkan di perbatasan dan bisa menghentikan pengiriman senjata bagi kelompok milisi Hizbullah.

Kofi Annan sebelumnya mengatakan, Israel bertanggung-jawab atas sebagian besar pelanggaran gencatan senjata yang terjadi dua minggu terakhir ini. Ini dikatakan Kofi Annan setelah bertemu dengan menteri pertahanan Israel Amir Peretz. Kofi Annan akan bertemu dengan perdana menteri Ehud Olmert hari Rabu.

Ketika berkunjung ke selatan Libanon, Kofi Annan menyerukan kepada Hizbullah supaya membebaskan dua orang tentara Israel yang diculiknya.

Tentara Italia dilaporkan telah berangkat dengan kapal laut menuju Libanon. Ini adalah rombongan pertama 2,500 orang tentara Italia yang akan ikut dalam pasukan penjaga keamanan PBB, yang seluruhnya akan berjumlah 15,000 orang.

Sekretaris-jenderal Kofi Annan juga akan berkunjung ke Syria dan Iran, setelah kunjungannya ke Israel. Israel menuntut supaya pasukan PBB juga mengadakan patroli di perbatasan Libanon dan Syria untuk mencegah apa yang disebutnya penyelundupan senjata bagi Hizbullah.

Tapi Syria mengatakan, penempatan pasukan internasional di perbatasannya akan dianggap sebagai tindakan bermusuhan.

XS
SM
MD
LG