Tautan-tautan Akses

Irak Menguasai Kembali Kota Diwaniyah, Irak Selatan


Para pejabat Irak mengatakan pihak berwenang telah menguasai kembali kota Diwaniyah, Irak selatan, dimana banyak orang tewas dalam pertempuran antara tentara Irak dan milisi Syi’ah.

Para pejabat mengatakan toko-toko kembali buka hari ini dan tentara pemerintah merondai kota yang didominasi warga Syi’ah itu, di sebelah selatan Baghdad.

Para pejabat Irak mengatakan paling sedikit 20 tentara pemerintah, puluhan anggota milisi dan beberapa warga sipil tewas dalam pertempuran yang berlanjut sepanjang hari Senin.

Bentrokan berakhir setelah para pemimpin politik setempat mencapai persetujuan dengan ulama radikal Syi’ah Moqtada al-Sadr, yang menguasai milisi Laskar Mahdi. Sementara itu, lebih dari 30 warga Iraq dibunuh dan banyak yang luka akibat ledakan pipa minyak dekat

Diwaniyah. Polisi mengungkapkan, kebanyakan korban adalah orang-orang yang mencoba mengumpulkan minyak dari pipa itu sewaktu ledakan terjadi. Di Baghdad, polisi menemukan 10 jenazah hari ini, penuh dengan tembusan peluru dengan tangan dan kaki diikat, yang dibuang dekat sebuah sekolah.

XS
SM
MD
LG