Tautan-tautan Akses

Ali Larijani: Teheran Siap Adakan Pembicaraan Mengenai Program Nuklir Iran


Perunding utama Iran menegaskan kembali bahwa teheran siap mengadakan perundingan mengenai program nuklirnya yang kontroversial – sementara menekankan tekad Iran untuk menghasilkan bahan bakar nuklir. Media pemerintah mengutip Ali Larijani yang mengatakan pejabat-pejabat Iran bersedia bertemu – kapan pun dan dimana pun – dengan menteri-menteri luar negri dari Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Rusia, Cina, (negara-negara anggota tetap Dewan Keamanan) dan Jerman.

Dewan Keamanan PBB sebelumnya menyerukan kepada Iran agar menghentikan pengayaan uranium selambat-lambatnya Kamis mendatang atau menghadapi kemungkinan sanksi. Larijani juga mengatakan tiap tindakan yang diambil untuk menghalangi Iran memperoleh haknya untuk menghasilkan bahan bakar nuklir tidak akan menakutkan negara itu untuk mencapai tujuan nuklirnya.

Sementara secara terpisah, Iran juga mengatakan telah menguji-coba misil jarak jauh yang dapat mengelakkan diri dari radar di Teluk Persia sebagai bagian latihan militer yang dimulai lebih dari sepekan yang lalu. Panglima Angkatan Laut Iran Jendral Sajjad Kouchaki mengatakan kepada televisi pemerintah hari Ahad, misil itu ditembakkan dari sebuah kapal selam dan berhasil mengenai sasarannya di permukaan. Latihan militer di Iran itu dimulai 19 Agustus yang lalu. Republik Islam itu mengadakan latihan perang-perangan lain awal tahun ini. Para pejabat Iran mengatakan misil itu dirancang dan dibangun di Iran.

XS
SM
MD
LG